Danang Margono

Gurusiana teman terhebat yang pernah aku kenal, ayo .. menulis dengan hati untuk kebaikan sesama...

Selengkapnya
Navigasi Web
J A M B E K E L  (Hari ke-46 Tantangan Menulis)
hari ke-46 tantangan menulis

J A M B E K E L (Hari ke-46 Tantangan Menulis)

J A M B E K E L

Hari ke-46 Tantangan Menulis

By Danang Margono, M.Pd.

Salah satu kebiasaan baik dalam keluarga yang harus dibina, dilaksanakan dan ditumbuhkembangkan adalah kegiatan orang tua/keluarga memfasilitasi terciptanya kegiatan belajar anak menjadi jam belajar rutin anak. Jam belajar rutin anak yaitu pada sekitar pukul 18.00 – 21.00. Pada waktu ini keluarga hendaknya menciptakan situasi dan kondisi yang memungkinkan terciptanya suasana kondusif belajar dan berkumpul bersama anak. Fase ini penulis sebut sebagai jam belajar keluarga (JAMBEKEL). Melalui jambekel ini diharapkan tumbuh kesadaran orang tua untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif, sehingga anak dapat mencapai prestasi yang membanggakan disamping memiliki karakter/kepribadian yang kuat.

Pentingnya jambekel dijadikan moment atau waktu berharga tersebut harus dilaksanakan keluarga untuk menciptakan suasana kondusif untuk belajar sehingga akan tercipta anak-anak yang mempunyai budaya / “langgam” belajar. Jika budaya belajar anak sudah terbentuk maka akan lahir anak-anak yang cerdas. Jambekel ini juga akan mendekatkan anak dengan orang tua, sekaligus sebagai sarana orang tua mengambil peran strategis yaitu mendengarkan/berbagi cerita, membangun dialog dari hati ke hati, menunjukkan perhatian dan kasih sayang, sehingga tak terasa anak akan menerima sisipan wejangan, kawruh, pendidikan karakter yang pada gilirannya terbentuk anak-anak yang mempunyai karakter yang baik dan kepribadian kuat.

Penulis berharap andai JAMBEKEL ini menjadi program atau sebuah gerakan nasional maka pada setiap keluarga tidak hanya akan tercipta anak-anak yang pintar, cerdas semata tetapi anak-anak yang memiliki karakter (kepribadian) yang kuat dan baik. Akan terlahir generasi anak-anak cerdas, pandai yang santun, soleh dan berkepribadian yang baik. Jika setiap keluarga menghasilkan anak yang cerdas, santun dan berkepribadian mantap, maka penulis yakin generasi emas bangsa seperti dambaan kita semua akan terlahir melalui gerakan jambekel ini.

Jelaslah waktu 8 jam di rumah melalui program Jam belajar keluarga (JAMBEKEL) bisa dijadikan momentum penanaman akhlak mulia dan pencapaian prestasi anak yang luar biasa. Mari bersama melindungi anak-anak kita dan berikan waktu kita untuk kepentingan terbaik anak. Salam JAMBEKEL…

Sekian, matur nuwun

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren, patut dicontoh

07 Mar
Balas



search

New Post