Danang Margono

Gurusiana teman terhebat yang pernah aku kenal, ayo .. menulis dengan hati untuk kebaikan sesama...

Selengkapnya
Navigasi Web

ANDAKAH SANG GURU PENGGERAK ITU ..? (Hari ke-57 Tantangan Menulis)

ANDAKAH SANG GURU PENGGERAK ITU ..?

Hari ke-57 Tantangan Menulis

By Danang Margono, M.Pd.

Mas Menteri Nadiem Makarim datang dengan membawa sedikitnya dua hal besar yakni tentang merdeka belajar dan guru penggerak. Apa sebenarnya guru penggerak itu? Guru penggerak adalah seorang guru yang mampu membawa perubahan di kelas atau sekolahnya. Guru yang senantiasa berinovasi dalam pembelajarannya demi kepentingan terbaik siswanya.

Masih menurut Mas Menteri, setidaknya ada lima perubahan kecil yang bisa dilakukan guru dalam kelas yaitu dengan mengajak lebih sering siswa berdiskusi, memberi ruang yang lebih luas untuk siswa berperan menjadi guru, mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan semua kelas, menemukan bakat pada siswa yang kurang percaya diri, dan menawarkan kepada guru lain ketika mengalami kesulitan untuk melakukan apa pun (kolaboratif). Kelima contoh perubahan kecil itu tentu saja bisa dilakukan dengan melakukan gebrakan-gebrakan yang tentu saja membutuhkan proses yang panjang untuk menjadi kebiasaan yang produktif di dalam lingkungan sekolah.

Guru penggerak merupakan sang inovator, sang konseptor di sekolah. Melalui konsep dan programnya selalu menuju proses perubahan meskipun kecil untuk keluar dari zona nyaman. Guru penggerak harus didorong dan difasilitasi sekolah untuk terus menyebarkan virus perubahan demi kebaikan ke arah yang positif. Maka kepala sekolah sebagai manajer yang profesional harus berani memberikan kepercayaan guru penggerak untuk melakukan perubahan. Termasuk sedikit-sedikit mengubah mindset rekan-rekannya untuk keluar dari zona nyaman menuju perubahan dan siap menyongsong perubahan dan tuntutan zaman.

Guru penggerak juga harus bisa mengambil tindakan secara inisiatif untuk melakukan perubahan pada siswa. Mendorong siswa agar mampu meningkatkan kompetensi dan ketreampiulan berpikir kritis, kreatif. Guru penggerak diharapkan mampu mengembangkan kompetensi komunikasi dan kolaborasi siswa.

Menurut Ditjen GTK, Sppriano sebagai guru penggerak, peran guru tidak dapat tergantikan oleh mesin secanggih apa pun. Guru membentuk karakter anak bangsa dengan budi pekerti, toleransi, dan nilai-nilai kebaikan. "Guru bukan sekadar pekerjaan atau profesi, melainkan manusia yang menyiapkan masa depan bangsa. Bersama para guru yang berdedikasi, inovatif, dan kreatif, akan mendorong mutu sumber daya manusia menuju bangsa Indonesia maju.

Sebagai guru penggerak, ia juga berpesan agar guru dapat memotivasi minat baca siswa, di antaranya dengan mewajibkan siswa membaca buku, baik buku pengetahuan populer maupun buku sastra, mengadakan lomba bercerita, memberikan bimbingan cara mencari informasi dari buku, mewajibkan perpustakaan sebagai bagian dari proses pembelajaran, dan menugaskan anak membuat mading kelas atau sekolah secara kontinyu.

Menghadapi revolusi industri 4.0, guru penggerak hendaknya berkontribusi dalam penyiapan konten pendidikan (professional), memanfaatkan berbagai media dengan baik dan cepat, dan menyusun metode pembelajaran ke metode proyek secara tematik dan kompleks. Guru penggerak adalah guru memiliki karakter yang sangat kuat. Di era disrupsi ini dimana zaman terus berubah, tuntutan dan tantangan guru semakin besar dan hebat. Perubahan dan tantangan zaman tidak menjadikan guru menjadi tergerus karakternya.

Guru penggerak menjadi kebutuhan mendasar bagi sekolah untuk terus mampu menumbuhkembangkan inovasi dan kreativitas. Melalui kreativitas ini diharapkan akan mendorong meningkatnya kualitas pendidikan. Guru penggerak itu akan menjadi inspirasi bagi guru-guru yang lainnya. Menginspirasi bagi siswanya, dan pada akhirnya jika diberikan keleluasaan penuh oleh kepala sekolah akan membuat lembaga pendidikan tersebut melesat dan menjadi pembeda bagi sekolah yang lainnya. Guru yang menjadi motor perubahan di sekolah. Guru yang menjadi teladan baik bagi guru yang lain. Itulah kita.. aamiin..

Sekian, terima kasih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen abis pak....

11 Mar
Balas

Mkasih bu

14 Mar

Semoga

11 Mar
Balas

Aamiin.. mkasih bu

14 Mar

Tulisan yg keren. Barakallah

11 Mar
Balas

AamiinMkasih bu

14 Mar

keren pokoke. sayang ga bisa ikutan lomba artikel tema guru penggerak.

11 Mar
Balas

Ga pap de.. sabar ya

14 Mar



search

New Post