Danang Margono

Gurusiana teman terhebat yang pernah aku kenal, ayo .. menulis dengan hati untuk kebaikan sesama...

Selengkapnya
Navigasi Web
BENARKAH BIOLOGI ADALAH HAFALAN?  (Hari ke-50 Tantangan Menulis)
hari ke-50 tantangan menulis

BENARKAH BIOLOGI ADALAH HAFALAN? (Hari ke-50 Tantangan Menulis)

BENARKAH BIOLOGI ADALAH HAFALAN?

Hari ke-50 Tantangan Menulis

By Danang Margono, M.Pd.

Banyak siswa yang mengeluh ketika harus belajar (IPA) Biologi. Mereka mengeluhkan mengalami kesulitan karena harus menghafal nama-nama ilmiah. Nama-nama ilmiah itu umumnya berasal dari bahasa latin atau bahasa lain yang dilatinkan. Maka sebagian atau hampir seluruhnya nama ilmiah dari suatu istilah memamng susah dihafalkan atau dimengerti. Inilah yang menjadi salah satu penyebab siswa kesulitan dalam belajar biologi (IPA). Pendapat ini spenuhnya tidak bisa disalahkan, mengapa?

Sebagai suatu pengetahuan, biologi bisa sebagai suatu dimensi produk. Selain suatu produk biologi juga sebagai suatu proses, aplikasi dan sikap. Sebagai suatu produk IPA (biologi) merupakan suatu fakta, prinsip, teori, postulat atau hukum hasil kerja ilmuwan atau peneliti terdahulu. Itulah mengapa biologi merupakan data, fakta yang harus dikuasai/ dipahami oleh pebelajar.

Jadi kurang tepat adanya kalau ada pendapat yang menyatakan biologi hanyalah hafalan semata. Karena mereka baru memahani biologi sebagai suatu produk. Mereka belum mengetahui bahwa biologi mempunyai dimensi yang lain yakni sebagai suatu proses, aplikasi atau sikap.

Di sisi lain, pengetahuan memang dibagi menjadi 4 dimensi yakni faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif. Pengetahuan faktual merupakan pengetahuan dasar (basic element) yang harus dipahami. Pengetahuan faktual mencakup dua unsur yakni pengetahuan terhadap istilah misal simbol-simbol atau istilah ilmiah dan pengetahuan terhadap unsur-unsur yang spesifik misal sumber alam, sumber informasi atau fakta-fakta yang bersifat praktis.

Simbol, istilah, fakta dari produk pengetahuan hasil temuan para ilmuwan atau peneliti inilah yang kemudian dimaknai sebagian para pebelajar (siswa, lainnya) sebagai suatu hafalan. Apalagi ketika fakta, istilah tersebut menggunakan bahasa latin/ilmiah. Jelas menambah image yang salah karena baru memaknai biologi dari satu sisi saja. Begitu.. ?

Untuk memahami pengetahuan faktual dalam biologi yang berupa istilah dalam bahasa ilmiah perlu teknik atau strategi tertentu. Teknik itu salah satunya adalah menghubungkan dengan suatu clue, chunk atau jembatan keledai. Teknik ini terbukti banyak membantu dalam menghafal atau memahami istilah dalam nama ilmiah pelajaran biologi.

Sebagai contoh, untuk memahami organ-organ sistem eksresi manusia kita bisa menggunakan clue ini, pahaku gatel = paru-paru, hati, kulit dan ginjal. Memahami nama tumbuhan yang tergolong gymospermae (tumbuhan biji terbuka), Dagink Paha Meli Kecepit = damar, ginko biloba, pakis haji, melinjo, pinus. Urutan organ pencernaan manusia, mukelu alus = mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, anus. Dan banyak lainnya.

Untuk hafalan nama ilmiah dari tumbuhan bisa dilakukan dengan menulis nama ilmiah terus disecarik kertas kemudian ditempatkan di tempat yang setiap hari kita lihat setiap saat. Misal nama Artocarpus integra=nangka, nama tersebut ditulis agak besar disecarik kertas kemudian kita tempelkan di dinding kamar/meja belajar kita.

Mudah bukan, demikian sekelumit teknik memahami nama ilmiah dlam konsep biologi atau pengetahuan factual dalam IPA khususnya biologi. Dan tentunay banyak teknik lain yang mungkin lebih praktis dan jitu.

Semoga bermanfaat,,, sekian, terima kasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siswa saya bilang begitu

04 Mar
Balas

Keren

07 Mar
Balas



search

New Post