Danang Margono

Gurusiana teman terhebat yang pernah aku kenal, ayo .. menulis dengan hati untuk kebaikan sesama...

Selengkapnya
Navigasi Web
MANFAATKAN LIBUR CORONA  MGMP IPA BREBES ADAKAN DARING ONLINE  Hari ke-65 Tantangan Menuli
hari ke-65 tantangan menulis

MANFAATKAN LIBUR CORONA MGMP IPA BREBES ADAKAN DARING ONLINE Hari ke-65 Tantangan Menuli

MANFAATKAN LIBUR CORONA

MGMP IPA BREBES ADAKAN DARING ONLINE

Hari ke-65 Tantangan Menulis

By Danang Margono, M.Pd.

Menindaklanjuti surat edaran gubernur terkait upaya semua pihak untuk meningkatkan dan mencegah virus Corona, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes menegeluarkan surat edaran nomor T/0067/443.26/2020 tentang Peningkatan Kesiapsiagaan dan Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19). Salah satu maklumatnya adalah peserta didik di satuan pendidikan melaksanakan proses belajar di rumah selama 14 (empat belas) hari terhitung mulai Senin, 16 Maret 2020 sampai dengan Minggu, 29 Maret 2020.

Pelaksanaan proses belajar disesuaikan dengan materi dan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru mapel masing-masing. Orang tua peserta didik dimohon untuk mengawasi kegiatan selama libur dan dimohon peserta didik tidak bepergian ke tempat-tempat keramaian serta memantau kondisi kesehatanya.

Memanfaatkan libur moment langka tersebut, MGMP IPA Kabupaten Brebes melaksanakan program uji coba UNBK melalui daring online. Selama libur corona ini MGMP mengeluarkan soal-soal ujicoba Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2 paket.

Program ini dipandegani oleh sang sekjen I MGMP yakni mas Budi Sigit Purwono, M.Pfis yang ahli IT. Dibantu juga oleh sekjen II mas Dani Setiawan, M.Pd. beserta tim akademik MGMP IPA dan mendapat dukungan dari seluruh pengurus MGMP IPA kabupaten yang solid.

Sebenarnya program ini sudah lama di gagas oleh sang ketua MGMP yakni pak Danang Margono, M.Pd. dan sudah berjalan sejak semester I. Semester gasal kemarin juga mengeluarkan 2 paket soal UNBK berbasis android produk MGMP IPA Brebes sendiri. Program ini merupakan usulan dari beberapa rekan pengurus terkait bergesernya perubahan mendasar dalam proses pembelajaran. Pembelajaran abad 21 di era disrupsi ini menuntut konsekuensi bahwa guru dan MGMP juga harus memanfaatkan teknologi dalam mengemas assesment pembelajaran.

Menurut mas Sigit, “Aseesment ini menggunakan kecanggihan teknologi berbasis android. Karena peserta didik di rumah juga banyak mempunyai dan menggunakan smartphone android sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kegiatan belajar”. Inilah salah satu latar belakang lahirnya program ini.

“Paket 1 ujicoba UNBK berbasis online ini asli produk MGMP IPA dan dirilis di semester dua pada tanggal 16 Maret 2020 dan menggunakan alamat link: https: //tinyurl.com/tounipa1. Sedangkan hasil pekerjaan peserta didik bias langsung dilihat di link berikut : https://tinyurl.com/hasil-tounipa1” papar sang Sekjen MGMP. Menurutnya hasil pekerjaan peserta didik dapat dipantau langsung di link tersebut dengan jelas beserta rekap berapa peserta didik yang mengakses situs bermanfaat tersebut.

Masih menurut mas Sigit, “harapannya dengan diluncurkannya link belajar online ini, jangan sampai Brebes nilai UNBK mapel IPA nya turun”. Semangat yang menggelora bersama reviewer para master IPA juga tak padam. Ada beberapa soal yang terkritisi dengan baik sebelum dilempar ke peserta didik diantaranya materi rangkaian listrik, planet , alat optic dan beberapa materi zat adiktif.

Hari ini, kamis tanggal 19 Maret 2020 paket 2 ujicoba UNBK berbasis online diluncurkan dengan alamat link: https: //tinyurl.com/tounipa2. Sedangkan hasil pekerjaan peserta didik bisa langsung dilihat di link berikut : https://tinyurl.com/hasil-tounipa12. Link ini diberikan dalam rangka memberikan tugas online lanjutan dalam rangka beajar di rumah.

Pa sekjen menyebutnya dengan “work from home”. Link paket 2 uji coba UNBK ini juga disambut baik di group MGMP IPA Brebes. Masih menurut dia dia, “untuk mengecek pekerjaan siswa bisa mengcopi halaman hasil try out dan dibuka di program excel. Untuk mengetahui rekap data per sekolah dapat digunakan fitur filter sekolah dan filter kelas”.

Alhamdulillah, dalam rangka mengisi kegiatan belajar dan bekerja di rumah karena dampak virus corona, MGMP IPA Brebes dapat memfasilitasi kegiatan siswa di rumah dengan kegiatan yang positif. Semoga kegiatan ini akan diikuti oleh MGMP lainnya sehingga kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan belajar siswa.

Demikian reportase kegiatan MGMP Kabuaten Brebes dalam mengisi kegiatan belajar di rumah dalam rangka kewaspadaan virus covid-19. Semoga kita dapat mengisi kegiatan belajar dan bekerja di rumah dengan baik. Dan yang terpenting kita semua terhindar dari bahaya virus corona. Aamiin..

Sekian, terima kasih...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Oce

19 Mar
Balas

MGMP IPA Brebes keren. Selamat ya Pak Danang

19 Mar
Balas



search

New Post