Danang Margono

Gurusiana teman terhebat yang pernah aku kenal, ayo .. menulis dengan hati untuk kebaikan sesama...

Selengkapnya
Navigasi Web
MERDEKA BELAJAR DENGAN SANG MODEL  (Hari Ke-49 Tantangan Menulis)
hari ke-49 tantangan menulis

MERDEKA BELAJAR DENGAN SANG MODEL (Hari Ke-49 Tantangan Menulis)

MERDEKA BELAJAR DENGAN SANG MODEL

Hari Ke-49 Tantangan Menulis

By Danang Margono, M.Pd.

“Anak-anak sesuai kesepakatan hari ini kita akan praktik pembuatan model sel hewan dan tumbuhan ”jelas sang guru. Berpenampilan cukup menarik dan suaranya lantang ketika aku mengamati di kursi belakang melaksanakan supervise pembelajaran sang guru. Tampak ia berusaha membuat anak-anak fokus dengan materi yang akan disampaikan.

“Sebelum praktik dimulai, ibu akan memeriksa kelengkapan alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan proyek ini” jelasnya kemudian. “Ibu mulai dengan bahan yang pertama, bahan yang saya sebut angkat dengan tangan kanan, pertama plastisin, angkat plastisinnya” sambil memberi contoh dia mengangkat platisinnya. “ayo angkat semua, loh itu kelompok 5 kok plastisinnya cuma 2 bungkus kan kurang nanti” sambil menunjuk ke Karyo sang ketua kelompok. “bawa 5 bu, yang tiga ada di tas saya” jawab Karyo dengan tenang.

Sang guru tampak menyuruh siswanya untuk mengangkat bahan-bahan yang dibawanya untuk mengecek kelengkapan tiap kelompoknya. Aku perhatikan rupanya delapan kelompok membawa semua bahan dan alat kelengkapan praktikum dengan baik. Kulihat sang guru sambil berkeliling tampak mengarahkan anak-anak untuk bekerja sama dengan baik. Sesekali juga memberi petunjuk dan jawaban ketika ada yang bertanya. Seperempat menit sudah kegiatan inti pembelajaran ini berlangsung. Meskipun masih agak canggung menjelaskan tapi secara umum pembelajaran masih kondusif. Sebuah pertanda bagus meskipun dia termasuk guru baru dan baru lulus dari kampus.

“Saya tunggu 15 menit lagi kemudian nanti tolong perwakilan kelompok untuk melakukan presentasi, siap ya?”suaranya tampak jelas memberi kesempatan untuk segera menyelesaikan tugas proyeknya. “siap, pa!” jawab Ibnu dengan lantang. 15 menit kemudian tampak perwakilan kelompok 2 maju mempresentasikan hasil pembuatan model selnya.

Dengan menggunakan gabus berwarna dasar orange, plastisin tampak dibentuk menyerupai berbagai model organ sel. Beberapa organel sel tersebut dipasang dan ditempelkan ke gabus dengan menggunakan jarum pentul. Kemudian nama organel tersebut ditulis dengan secarik kertas dan ditempatkan di dekat organel tersebut.

Presentasinya cukup bagus. Aku yang berada di belakang cukup jelas mendengar suara anak tersebut. Meskipun baru kelas tujuh pembawaannya tampak tenang dan berani tampil di depan. Kudengar dia menyebut beberapa nama organ sedang teman disampingnya menjelaskan fungsi organ tersebut. Suaranya sangat jelas menyebut nama organ seperti nukleus, mitokondria, badan golgi, vakuola dan lain-lain.

Beberapa kelompok lain tampil menyajikan hasil kerjanya. Di akhir pembelajaran guru bersama anak menyimpulkan struktur dan fungsi organel-organel penyusun sel beserta fungsinya. Guru juga tampak bersama siswa berusaha menyimpulkan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dengan baik.

Demikian beberapa rekaman ketika supervisi pembelajaran di kelas 7 dengan materi organisasi kehidupan. Setelah proses pembelajaran ditutup selanjutnya aku dan sang guru bertemu untuk pendampingan menyimpulkan evaluasi proses pembelajaran yang telah dilakukan. Bersama-sama untuk mengoreksi dan membuka saran pendapat demi kesempurnaan dan peningkatan kualitas pelaksanaaan proses pembelajaran selanjutnya.

Sekian… terima kasih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pak

03 Mar
Balas

Mkasih bu salamah

03 Mar

Lanjutkan kreatifnya Pak. Pembelajaran yang menarik.

03 Mar
Balas

Lanjutkan kreatifnya Pak. Pembelajaran yang menarik.

03 Mar
Balas



search

New Post