Danang Margono

Gurusiana teman terhebat yang pernah aku kenal, ayo .. menulis dengan hati untuk kebaikan sesama...

Selengkapnya
Navigasi Web

SEJUTA INOVASI UNTUK ANAK (Hari ke-69 tantangan menulis)

SEJUTA INOVASI UNTUK ANAK

Hari ke-69 tantangan menulis

By Danang Margono, M.Pd.

Salah satu prinsip sekolah ramah anak menyatakan bahwa semua kegiatan dan program sekolah ditujukan untuk kepentigan terbaik bagi anak. Kepentingan terbaik anak menjadi semua muara kegiatan yang dilaksanakan pihak sekolah. Delapan standar dalam badan standar nasional pendidikan beserta seluruh kegiatannya ditujukan untuk kepentingan anak.

Sekolah ramah anak pada intinya adalah inovasi kegiatan untuk kepentingan terbaik anak. Inovasi dalam berbagai kegiatan yang dilakukan sekolah hendaknya berorientasi untuk mendukung tumbuhkembangnya potensi anak. Inovasi kegiatan ditujukan untuk mendukung perkembangan potensi dan minat anak. Inovasi kegiatan untuk meningkatkan pengewasan dan penjaminan sekolah dalam memenuhi hak-hak anak. Secara bertahap untuk memenuhi hak-hak anak dan melindungi anak dari kekerasan, makanan/jajanan berbahaya dan NAPZA.

Banyak kegiatan dan program sekolah yang bisa dilakukan untuk kepentingan terbaik anak. Diantaranya sekolah mencetuskan berbagai kegiatan eskrakurikuler untuk menumbuhkan bakat dan minat anak. Bisa berwujud ekstrakurikuler akademik seperti sains club, math club, KIR, English club dan lainnya. Kegiatan ekatrakurikuler noakademik bisa berupa kegiatan karate, pencak silat, basket, catur, badminton, renang dan berbagai kegiatan olahraga lainnya. Sekolah memfasilitasi seluruh kegiatan tersebut untuk mengembangkan potensi diri siswa, menumbuhkan karakter dan sikap positif anak.

Kegiatan pengembangan diri juga menjadi berbagai inovasi untuk kepentingan terbaik anak. Bentuk-bentuk kegiatan pengembangan diri tersebut antara lain kegiatan tadarus alquran, kegiatan hafalan bacaan sholat, kegiatan literasi, membaca surat yasin, membaca asmaul husna. Semua bentuk kegiatan ini ditujukan untuk menanamkan dan mengembangkan karakter siswa serta menumbuhkan potensi anak. selain itu salah tujuan pengembangan diri ini untuk membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi pengembangan tersebut.

Inovasi lain untuk kepentingan terbaik anak bisa berwujud kegiatan menyediakan sarapan gratis untuk siswa yang kurang mampu atau siswa yang tidak sempat sarapan pagi hari. Kegiatan ini bisa dilakukan melalui pengumpulan infak oleh guru dan dibelikan nasi bungkus damn minuman untuk siswa. Kemasan kegiatan ini bisa dilakukan setiap seminggu sekali. Kalau di tempat sekolah penulis kegiatan dilakukan setiap hari selasa. Kami menyebutnya dengan kegiatan selasa berkah. Hasil infak bapak/ibi guru setiap hari senin.

Kegiatan yang lain adalah pelayanan kantin sehat. Setiap 3 bulan sekali sekolah berkoordinasi dengan pihak puskesmas untuk memeriksa makanan dan jajanan yang disediakan oleh pihak kantin sekolah. Puskesmas akan melakukan monitoring makaan dan memastikan serta menjamin bahwa jajanan yang ada di sekolah aman, sehat dan bagus untuk anak-anak di sekolah.

Inovasi kegiatan yang lain bisa menggandeng pihak lain untuk memberikan sosialisasi kepada anak tentang baya narkoba dari pihak BNN. Memberikan informasi tentang bagaimana berlalu lintas yang baik dengan menggandeng pihak kepolisian. Memberikan pelayanan anak untuk belajar menabung dengan koordinasi dengan pihak bank untuk memberikan pelayanan menabung di sekolah.

Kegiatan kantin kejujuran yang di kelola oleh koperasi siswa di sekolah juga merupakan salah satu inovasi untuk kepentingan terbaik anak. Koperasi sekolah merupakan pengelolaan kegiatan yang seluruh kegiatannya di tujukan untuk anak. anak.

Sekolah juga bisa memfasilitasi ruang-ruang public untuk wadah berekspresi, untuk bermain. Sekolah juga bisa memfasilitasi permainan-permainan tradisional untuk menumbuhkan karakter, kemampuan kolaborasi dan komunikasi siswa.

Berbagai inovasi kegiatan yang dilakukan sekolah semata-mata untuk kepentingan terbaik anak. Untuk memfasilitasi tumbuh kembangnya potensi, bakat dan minat siswa. Untuk menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai karakter postif siswa.

Karena sesungguhnya semua anak adalah anak kita. Mari bersama lindungi anak-anak dan berusaha melaksanakan hak-hak anak melalui kegiatan dan program untuk kepentingan anak semata.

Salam sekolah ramah anak : anak senang, guru tenang, orang tua bahagia.

Selesai, terima ksih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren

23 Mar
Balas



search

New Post