Danang Margono

Gurusiana teman terhebat yang pernah aku kenal, ayo .. menulis dengan hati untuk kebaikan sesama...

Selengkapnya
Navigasi Web
1 Hari Menuju Emas, Ada Apa Relawan Berjarak ?  (Hari ke-89 Tantangan Menulis)
hari ke-89 tantangan menulis

1 Hari Menuju Emas, Ada Apa Relawan Berjarak ? (Hari ke-89 Tantangan Menulis)

1 Hari Menuju Emas, Ada Apa Relawan Berjarak ?

Hari ke-89 Tantangan Menulis

By Danang Margono, M.Pd.

Wabah Covid-19 yang melanda negara kita yang subur, aman, damai, indah nan kaya raya dengan kekayaan alamnya telah membawa banyak perubahan. Berbagai sektor dan sisi kehidupan pun mengalami perubahan, mungkin bisa disebut sebuah disrupsi. Berubah dan berdampak secara ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial, politik, dan budaya. Sebagian memandang wabah ini sangat berdampak buruk dan mengerikan karena menimbulkan korban jiwa. Sebagian lain memandang banyak sisi positif dengan hadirnya sang corona yang kecil mungil, kerdil ini ke muka bumi.

Ah, apa iya ada sisi positifnya. Pada tulisan terdahulu saya sudah menyampaikan sisi potitif terkait berkurangnya polusi sehingga bumi ini kembali fresh, lobang ozon tertutup, udara, air dan tanah kembali segar. Intinya bumi kita kembali sehat dan sangat bagus untuk hidup dan kehidupan semua makhluk bumi.

Sisi lain, banyak tokoh dunia, tokoh nasional, artis, politikus, pengusaha, dan tokoh lainnya tergerak hatinya dan beramai-ramai menginfakkan dana pribadi untuk membantu penanganan wabah covid-19 ini. Berbagai profesi melalui skill dan pengetahuannya bersatu bergerak menyatakan kesiapsiagaan dan membantu penanganan wabah ini. Ini artinya apa? Merah, hijau, biru, kuning dan semua warna pelangi profesi dan seluruh lapisan masyarakat dari akar rumput sampai pejabat bersatu, berkomitmen memerangi covid-19 ini. Ternyata wabah ini telah menyadarkan seluruh umat bahwa manusia hakekatnya satu, satu hati. Hanya terpisahkan ruang dan waktu saja. Indahnya kebersamaan ini, iya kan ?

Covid-19 yang melanda negeri indah ini juga telah mengilhami beberapa kementerian untuk mengeluarkan program-program dan kegiatan terbaiknya. Kegiatan dalam rangka mencegah dan menangani wabah ini. Berbagai organisasi pun melakukan aksi dan gerakan yang sinergis menanggulangi wabah ini.

Tidak ketinggalan para fasilitator nasional (fasnas) sekolah ramah anak di Indonesia. Bersama Aspirasi (asosiasi pendidik ramah anak Indonesia) di bawah naungan kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak juga melakukan aksi yang keren menewen.

Dihadiri oleh ibu Lenny Roselin selaku Deputi tumbuh kembang anak dan Asdep tumbuh kembang anak ibu Elvi Hendrani, bersama fasnas SRA melakukan telekonferens pada hari Jumat, 10 April 2020. Dihadiri lebih dari 35 fasnas dari seluruh nusantara.

Intinya informasi dan dukungan sinergitas fasnas bahwa kemenPPPA saat ini sedang melaksanakan GERAKAN BERJARAK yaitu gerakan untuk manjaga keluarga kita dalam melawan covid-19. Gerakan berjarak ini dilakukan, dan dikawal oleh semua potensi daerah khususnya dinas PPPA privinsi dan kabupaten. Juga dilaksanakan kegiatan pemantauan dan laporan kasus di daerah masing-masing fasnas di seluruh Indonesia khususnya perlindungan perempuan dan anak. Termasuk pemantauan kasus di sekolah masing-masing.

Gerakan Berjarak ini dilaksanakan dengan membentuk relawan berjarak. Syarat menjadi relawan berjarak ini antara lain berasal dari warga setempat, sehat jasmani dan rohani, dan memiliki perangkat komunikasi. Yang idealnya terdapat 1 relawan dalam 20 rumah di lingkungan kita.

Ada 2 hal besar yang dilakukan relawan berjarak yaitu pencegahan covid-19 bisa berupa sosialisasi, informasi yang benar tentang covid-19 dan penanganan covid-19. Dua kegiatan tersebut terangkum dalam 10 aksi relawan antara lain :

1. Pastikan semua keluarga tetap di rumah

2. Pastikan hak anak dan perempuan terpenuhi

3. Pastikan APD (Alat Pelindung Diri) tersedia

4. Pastikan menjaga kebersihan keluarga

5. Pastikan membuat tanda peringatan.

6. Pastikan menjaga jarak aman 1-2 m saat diluar rumah

7. Awasi orang atau barang yang keluar masuk lingkungan

8. Menyebarluaskan informasi yang benar

9. Aktifkan media komunikasi warga

10. Aktifkan rumah rujukan

Selamat fasnas dan kenePPPA sebuah kegiatan yang sangat menginspirasi banyak pihak. Alangkah indahnya program ini. Mari bersama kita bergandengan tangan melawan wabah covid-19 ini. Lindungi keluarga kita dengan tetap bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Semoga wabah ini segera selesai dan kita semua dalam keadaan aman, sehat walafiat, sehingga dapat beraktifitas normal seperti biasanya. Semoga wabah corona hilang bersamaan dengan bulan suci ramadlan menjelang. Aamiin… 3x

Sekian dan terima kasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

aamiin.laksanakan tugas mulia ini dengan sepenuh jiwa Masda. Insya Allah kan berakhir manis.hhhhh.puitis dene....

13 Apr
Balas

Teims de

18 Apr

Barakallah pak Danang, moga 90 :)

12 Apr
Balas

Terima kasih pa tosyafana..Barokalloh

13 Apr

Salam sehat....mantap pak Danang...semoga fasnas dpt melaksanakan tugas spt yg diharapkan oleh ibu Leni dan bu Elvi...semangat terus

12 Apr
Balas

Siap bu nuryani.. terima kasih dukungannya..

13 Apr



search

New Post