Danang Margono

Gurusiana teman terhebat yang pernah aku kenal, ayo .. menulis dengan hati untuk kebaikan sesama...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bagaimana Menumbuhkan Rasa Cinta (Hari ke-82 tantangan menulis)

Bagaimana Menumbuhkan Rasa Cinta

Hari ke-82 tantangan menulis

By Danang Margono, M.Pd.

Bagaimana menumbuhkan rasa cinta lingkungan di kalangan pelajar ? Peran guru sangatlah strategis untuk menumbuhkan kepedulian dan tanggung jawab siswa terhadap lingkungan. Setiap hari guru berinteraksi dengan siswa, sehingga guru hendaknya tahu bagaimana menumbuhkan rasa memiliki, rasa kepedulian, rasa tanggungjawab dan rasa cinta terhadap lingkungan.

Salah satu bentuk aksi lingkungan untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan cinta lingkungan adalah dengan membentuk tim yang beranggotakan beberapa siswa. Tim ini bisa kita sebut sebagai Parikesik dan Saberjahit.

Parikesik merupakan akronim dari Patroli Jaga Kebersihan Dan Kerapian Kelas. Bentuk kegiatan Tim ini berupa patroli terhadap kebersihan dan kerapian di dalam dan di luar kelas dipandu koordinator parikesik kelas, dan Patroli kebersihan dan kerapian kelas setelah kegiatan belajar mengajar selesai setiap hari dengan tim yang berbeda susuai jadwal.

Adapun Tujuan program kegiatan Parikesik adalah: (1) menciptakan lingkungan kelas dan sekitarnya yang bersih dan rapi sehingga kondusif untuk kegiatan belajar mengajar, (2) menumbuhkembangkan peran serta peserta didik dalam kebersihan dan keindahan dan kerapian kelas serta lingkungan sekolah, (3) meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab semua warga sekolah dalam menciptakan kebersihan dan keindahan sekolah, (4) menumbuhkan budaya peduli terhadap lingkungan. Alangkah indahnya bukan ? menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan dengan program inovatif. Silakan bisa mencobanya.

Saberjahit berasal dari akronim Sapu Bersih Sampah dan Jaga Keindahan Taman. Saberjahit merupakan sebuah tim yang beranggotakan peserta didik dalam kelas masing-masing dipimpin oleh wali kelas yang bertugas menjaga kebersihan, keindahan, merawat taman dan bertanggung jawab penuh terhadap taman depan kelas masing-masing.

Bentuk kegiatan Saberjahit meliputi : (1) merawat taman di depan kelas, yang dipandu wali kelas masing-masing, (2) menjaga kerindangan, menjaga kesuburan taman dan menjaga taman agar tetap hijau, segar, bersih, dan rapi.

Tujuan program kegiatan Saberjahit adalah (1) menciptakan keindahan, kebersihan taman yang ada di sekitar lingkungan kelas sehingga kondusif untuk kegiatan belajar mengajar, (2) menumbuhkembangkan rasa tanggungjawab peserta didik terhadap kelangsungan, keindahan taman yang berada di sekitar kelasnya, (3) meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab semua warga sekolah dalam menciptakan kebersihan dan keindahan sekolah, (4) menumbuhkan budaya peduli terhadap lingkungan. Kegiatan ini bisa include dalam kegiatan jumat bersih atau sabtu bersih.

Simpulannya, siapapun kita, apapun profesinya, dimana kita bekerja, kita mempunyai kewajiban membelajarkan kepada generasi zaman now untuk menumbuhkan rasa peduli dan tanggung jawab terhadap lingkungan sehingga pada gilirannya tumbuh rasa cinta mereka terhadap lingkungan. Dengan cinta terhadap lingkungan, mereka akan berbuat terbaik untuk menjaga kelestarian alam sehingga musibah dan bencana ini bisa kita minimalkan atau kita hindari. Amiinn… save our earth..!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

ide yang luar biasa. Terimakasih pak atas ilmu barunya

05 Apr
Balas

Mkasih bu ririn

05 Apr



search

New Post