Danang Margono

Gurusiana teman terhebat yang pernah aku kenal, ayo .. menulis dengan hati untuk kebaikan sesama...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurus Dalgona  (Hari ke-96 tantangan menulis)
hari ke-96 tantangan menulis

Jurus Dalgona (Hari ke-96 tantangan menulis)

Jurus Dalgona

Hari ke-96 tantangan menulis

By Danang Margono, M.Pd.

Hari belajar di rumah masihlah panjang. Belum juga usai libur jilid 3 akibat wabah covid-19. Terdengar kabar bahwa kegiatan belajar di rumah akan diperpanjang jilid 4. Itu artinya semua jurus harus dikerahkan untuk menanggulangi efek boring stay at home. Mungkin pada situasi yang lainnya jurus pamungkas juga harus dikeluarkan. He..he…Berbagai upaya ditempuh untuk mengusir atau meredam efek jenuh berlama-lama di rumah.

Kemarin terdengar anak-anak merencanakan sesuatu. Entah apa, aku juga kurang jelas mendengarnya. Mereka ke belakang menuju dapur tampak mencari sesuatu. Aku yang ada di depan laptop tak menghiraukan apa yang sedang mereka kerjakan. Bisik-bisik terdengar mereka mencari kopi, gula dan termos. Terdengar juga mereka tidak bisa mendapatkan susu putih. Lumayan lama mereka mencari bahan tersebut di dapur. Karena kehabisan baru kemudian mereka menuju aku yang lagi asyik menulis d laptop.

“Ayah, kita masih punya susu putih full cream?,”tanya Muthi. “Mau buat apa?, kalau tidak ada berarti habis, sana beli di warung sebelah” jelasku pada Muthi. “Ada deh,”jawab Hani. Tanpa piker panjang mereka, Muthi dan Hani bergegas menuju warung sebelah rumah untuk mendapatkan bahan yang diperlukan.

Terdengar suara pintu pertnada mereka sudah kembali dari warung. Karena bunyi ngga karuan di dapur, aku penasaran. Kulangkahkan kaki menuju mereka berdua yang lagi asyik bekerja di dapur. “Lagi buat apa ayo,?”tanyaku. “kita lagi mencoba mebuat dalgona, ayah” jawab Hani lirih. Bagiku kata itu sangat asing hingga aku mengulangi pertanyaan lagi. “membuat apa?”. Hampir seempak mereka menjawab, “dalgona” Ayah”.

Ya, terdenar jelas sudah mereka sedang membuat dalgona. Saya malah baru mendengar nama minuman tersebut. Anak-anakku malah sudah mencobanya. “Aduh, berarti aku kudet nih,” gumamku.

Aku lihat mereka mengambil 2 sendok gula, 2 sendok kopi dan 2 sendok air panas ke dalam mangkok kecil. Kemudian diaduk-aduk ketiga campuran tersebut. Semula berwarna hitam, kemudian berubah menjadi coklat tua. Beberapa menit setelah diaduk terus warnanya berubah menjadi coklat muda dan mengental. Ini yang kemudian disebut dalgona.

Kemudian mereka memasukkan beberapa butir es ke dalam gelas baru. Tak lama kemudian memasukkan susu creamer putih sebanyak setengah gelas. Terakhir memasukkan dalgona di atas susu tadi. Untuk memperoleh sensasi yang lainnya bagian atas bisa diberi topping berupa kopi, atau oreo. Atau tidak diberi topping juga enak dengan rasa original tentunya.

Ya, demikianlah cara membuat dalgona. Minuman sensasi yang lagi trending di medsos. Anda tertarik, silakan dicoba resep praktis ini. Rasakan sensasi minuman dalgona yang sedang viral tersebut.

Demikian mereka membunuh rasa bosan dan jenuh saat belajar di rumah. Ternyata belajar di rumah bisa menumbuhkan dan menambah kreativitas mereka. Dan tentu saja mempererat kebersamaan keluarga.

Sekian, terima kasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, asyiiik dapat resep. Pengen langsung coba ah....

19 Apr
Balas

Wah mantabb, boleh dicoba nich

19 Apr
Balas

Boleh deh nanti saya coba

19 Apr
Balas

ine juga udah nyoba kemarin2 Mas

19 Apr
Balas



search

New Post