Danang Margono

Gurusiana teman terhebat yang pernah aku kenal, ayo .. menulis dengan hati untuk kebaikan sesama...

Selengkapnya
Navigasi Web
Indahnya Berbagi Saat WFH (lomb
lomba Mei 2020

Indahnya Berbagi Saat WFH (lomb

Indahnya Berbagi Saat WFH

Lomba Gurusiana Bulan Mei 2020

By Danang Margono, M.Pd.

Menindaklanjuti surat edaran gubernur terkait upaya semua pihak untuk meningkatkan dan mencegah virus Corona, maka Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes mengeluarkan surat edaran nomor T/0067/443.26/2020 tentang Peningkatan Kesiapsiagaan dan Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19). Salah satu maklumatnya adalah peserta didik di satuan pendidikan melaksanakan proses belajar di rumah sampai 29 Maret 2020 dan diperpanjang sampai 29 Mei 2020.

Pelaksanaan proses belajar disesuaikan dengan materi dan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru mapel masing-masing. Orang tua peserta didik dimohon untuk mengawasi kegiatan selama libur dan dimohon peserta didik tidak bepergian ke tempat-tempat keramaian serta memantau kondisi kesehatannya.

Memanfaatkan libur moment langka tersebut, saya dan pengurus MGMP IPA Kabupaten Brebes melaksanakan program uji coba UNBK melalui daring online. Selama libur corona ini MGMP mengeluarkan soal-soal ujicoba Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2 paket.

Alhamdulillah, dalam rangka mengisi kegiatan belajar dan bekerja di rumah karena dampak virus corona, MGMP IPA Brebes dapat memfasilitasi kegiatan siswa di rumah dengan kegiatan yang positif. Meskipun pada akhirnya muncul SE dari kemendikbud bahwa Ujian nasional 2020 ditiadakan untuk jenjang SD sampai SMA. Tapi minimal kami telah berikhtiar untuk berinovasi untuk kepntingan terbaik siswa dan berkontribusi mengisi kegiatan belajar dirumah sesuai anjuran pemerintah.

Beberapa hari setelah kegiatan ini terlaksana ada permintaan dari sekretaris program studi pendidikan IPA Universitas Pancasakti Tegal (UPS Tegal) yang meminta saya untuk menjadi narasumber OPK tahun 2020. OPK adalah Orientasi Profesi Keguruan. Kegiatan ini merupakan persiapan dan pembekalan bagi mahasiswa semester akhir ketika akan memasuki dunia praktek pengalaman lapangan. Pembelakalan ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom dan dilanjutkan dengan GC.

Pihak universitas meminta saya selaku praktisi pendidik memberikan materi dan penguatan sebagai bekal penerjunan mahasiswa ketika praktek mengajar langsung di sekolah. Bagaimana mempersiapkan materi dan sikap dalam persiapan menghadapi prakek pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang inovatif, pembelajaran yang mengharuskan guru mampu memfasilitasi siswa mempunyai kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

Pembekalan bagaimana menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang update dengan perkembangan dunia pendidikan. Pembekalan bagaimana menyusun pengembangan silabus pembelajaran yang baik. Bagaimana menyusun instrumen penilaian yang berkualitas yang literate dan HOTS.

Tidak ketinggalan saya yang merupakan fasilitator nasional (fasnas) sekolah ramah anak di Indonesia bersama Aspirasi (asosiasi pendidik ramah anak Indonesia) di bawah naungan kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak juga melakukan aksi. Dihadiri oleh ibu Lenny Roselin selaku Deputi tumbuh kembang anak dan Asdep tumbuh kembang anak ibu Elvi Hendrani, bersama fasnas SRA melakukan telekonferens pada hari Jumat, 10 April 2020. Dihadiri lebih dari 35 fasnas dari seluruh nusantara.

Intinya informasi dan dukungan sinergitas fasnas bahwa kemenPPPA saat ini sedang melaksanakan GERAKAN BERJARAK yaitu gerakan untuk manjaga keluarga kita dalam melawan covid-19. Gerakan berjarak ini dilakukan, dan dikawal oleh semua potensi daerah khususnya dinas PPPA privinsi dan kabupaten. Juga dilaksanakan kegiatan pemantauan dan laporan kasus di daerah masing-masing fasnas di seluruh Indonesia khususnya perlindungan perempuan dan anak. Termasuk pemantauan kasus di sekolah masing-masing.

Ada 2 hal besar yang dilakukan relawan berjarak yaitu pencegahan covid-19 bisa berupa sosialisasi, informasi yang benar tentang covid-19 dan penanganan covid-19. Dua kegiatan tersebut terangkum dalam 10 aksi relawan antara lain : pastikan semua keluarga tetap di rumah, pastikan hak anak dan perempuan terpenuhi, pastikan APD tersedia, pastikan menjaga kebersihan keluarga, pastikan membuat tanda peringatan, pastikan menjaga jarak aman 1-2 m saat diluar rumah, awasi orang atau barang yang keluar masuk lingkungan, menyebarluaskan informasi yang benar, aktifkan media komunikasi warga, dan aktifkan rumah rujukan.

Mari bersama kita bergandengan tangan melawan wabah covid-19 ini. Lindungi keluarga kita dengan tetap bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Semoga wabah ini segera selesai dan kita semua dalam keadaan aman, sehat walafiat, sehingga dapat beraktifitas normal seperti biasanya.

Biodata Penulis

Danang Margono, M.Pd. Lahir di Brebes Jateng pada tanggal 22 Juni 1974. Setelah menyelesaikan jenjang SD sampai SMA di kotanya selanjutnya melanjutkan pendidikan Biologi di IKIP Semarang (UNNES), lulus tahun 1998. Sampai sekarang menjadi guru di SMP Negeri 5 Brebes, Jawa Tengah.

Kontak wa di nomor 085 869 122 799, Facebook: Damar Suyud. Kirim surat via gmail : [email protected]. Sekian.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siiip masda....semangat... .hhhh

05 May
Balas

top markotop tulisannya.

05 May
Balas

Terima kasih

05 May



search

New Post